Lumia 630: Seri Lumia Pertama yang Mengadopsi Windows Phone 8.1




Harga: Rp1.999.000 

Kelebihan: 
- Seri Lumia pertama yang mengadopsi Windows Phone 8.1 
- Harga terjangkau 
- Back cover warna-warni 

Kekurangan: 
- Tidak ada kamera depan 
- Kamera utama tidak dilengkapi LED flash 

Highlights: 
Saat pertama kali menggunakan Lumia 630, CHIP Online tertarik dengan sistem operasi yang melengkapi smartphone ini. Tak banyak orang menduga, akhirnya Microsoft membenamkan Windows Phone 8.1 atau sistem operasi mobile anyarnya untuk pertama kali ke dalam seri Lumia terbaru, yakni Lumia 630. Tak hanya itu, smartphone ini terlihat sangat menarik dengan ketersedian beragam warna pilihan back cover. Sayangnya, Lumia 630 ini tidak ditopang dengan LED flash sebagai pendukung fungsi kamera utama 5 MP yang dibenamkannya. Tidak hanya itu, smartphone ini juga tidak dilengkapi dengan kamera depan.

Ingin merasakan pengalaman Windows 8.1 pada perangkat Windows Phone dengan harga yang terjangkau? Kini Nokia yang sudah menjadi bagian dari Microsoft menawarkan Lumia 630 yang merupakan ponsel pintar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 8.1. Tidak hanya itu, smartphone ini dipasarkan dengan harga sangat terjangkau.
Diperkenalkan pada bulan April 2014 yang lalu, smartphone Lumia 630 memiliki ukuran yang sangat compact dan mudah untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 400 yang merupakan prosesor empat inti dengan kecepatan 1,2 GHz, tentunya ini menjadi sebuah jaminan bagi Lumia 630 untuk menjalankan berbagai aplikasi yang ada di dalamnya.
Hal menarik lainnya, Lumia 630 telah ditopang dengan sokongan dual Sim Card. Hal ini tentu saja akan lebih menyemarakkan pasar smartphone dual Sim Card yang tampaknya semakin populer di Tanah Air. Penasaran dengan kinerja selengkapnya? CHIP Online telah menguji, merasakan, dan menikmati pengalaman menggunakan smartphone ini selama satu minggu penuh.


Desain
Membahas seputar desain membuat CHIP Online merasakan pengalaman yang cukup menarik saat menggunakan Lumia 630. Setiap mengeluarkan Lumia 630 dari saku dan akan menggunaannya, banyak orang yang melihat dan bertanya ponsel apakah yang CHIP Online gunakan. Hal ini ternyata tak lepas dari back cover (penutup bagian belakang) Lumia 630 yang memiliki warna cerah dan dapat diganti sesuai dengan suasana hati. 
Back cover yang CHIP Online gunakan saat menguji Lumia 630 ada tiga warna, yakni Hitam, Kuning dan Orange. Kesan pertama inilah yang CHIP Online rasakan saat menggunakan Lumia 630. Tampaknya Microsoft Device sebagai divisi pengembangan Lumia 630 memperhatikan betul aspek desain yang turut andil dalam pertimbangan orang-orang di Indonesia dalam memilih perangkat ponsel pintar yang diinginkannya.


Lumia 630 memiliki dimensi 119,7 x 62,3 x 11,7 mm dengan bobot hanya 134 gram. Hal ini juga menjadi faktor lain yang telah CHIP Online sebutkan diawal. Lumia 630 dapat dimasukkan dalam saku celana baik celana biasa maupun celana jeans tanpa khawatir mengganggu pergerakan selama beraktivitas. Smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi layar anti gores Corning Gorilla Glass 3 yang mampu mengatasi goresan yang mungkin terjadi di dalam saku celana.
Layarnya mengusung ukuran layar 4 inch dengan resolusi 480 x 854 pixel dan kerapatan pixel 245 ppi. Saat diaktifkan layarnya terlihat sangat cerah dan mampu terbaca dengan baik setiap detailnya. Pada bagian layar terdapat tiga tombol menu khas Windows 8.1 pada bagian bawah, yakni tombol Back, Windows dan Search
Akan lebih baik jika Microsoft Device mengembangkan Lumia dengan memiliki layar borderless mengingat menu terdapat pada bagian layar bukan pada bagian bawah body. Sedangkan pada bagian sisi kanan body, Anda bisa menemukan dua tombol yang berfungsi sebagai tombol Volume dan Power.



Menengok bagian belakangnya, Lumia 630 telah dilengkapi dengan speaker berbentuk lingkaran yang berada di pojok kanan bawah. Selain itu, Lumia 630 juga telah dilengkapi dengan kamera utama 5 MP. Sayangnya, kamera tersebut tidak dilengkapi dengan LED flash sehingga tidak cocok digunakan untuk memotret objek di lingkungan minim cahaya.
Bergerak ke sisi atas, Lumia 630 telah dilengkapi dengan port jack audio 3,5" dan pada sisi bagian bawah, Anda bisa menemukan port micro USB untuk melakukan pengisian daya atau sekadar transfer data ke PC atau notebook menggunakan kabel USB. Lumia 630 juga memiliki penutup bagian belakang yang unik dan berbeda dibandingkan seri Lumia lainnya.
Penutup bagian belakang Lumia 630 sangat mudah dilepas pasang. Caranya, Anda dapat menekan body bagian belakang dan menariknya dari sisi atas. Hal menarik lainnya, Lumia 630 hadir dengan lima pilihan warna penutup bagian belakang yang dapat diganti-ganti, yakni Hijau, Hitam, Putih, Kuning dan Orange.


Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Lumia 630 adalah ponsel Dual Sim card. Untuk menemukan kedua slot Sim Card tersebut, Anda perlu melepas penutup bagian belakang. Selain dua buah slot Sim Card, Anda juga bisa menemukan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 128 GB.
Untuk catu daya, Lumia 630 telah dilengkapi dengan baterai Li-Ion berkapasitas 1830 mAh. Meskipun secara kapasitas tidak terlalu besar, ternyata Lumia 630 yang CHIP Online uji mampu mengakomodir penggunaan normal (melakukan panggilan telepon, berkirim SMS dan berselancar di dunia maya) selama satu hari penuh, yakni mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. 


Source chip.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Install OS 2.7.1 (ALIYUN) di Nokia X Android

Cara Upgrade Galaxy Grand ke KitKat 4.4.1

Cara Mudah Upgrade Android untuk Sony Ericsson (Xperia X8 dan Xperia X10)